Ingin Memakai Adsense Youtube? Begini, Nih, Syarat dan Cara Daftarnya

Ingin Memakai Adsense Youtube? Begini, Nih, Syarat dan Cara Daftarnya

Adsense sendiri sering diartikan sebagai iklan, tapi sebenarnya adsense adalah iklan yang muncul di media internet. Nah, yang termasuk media internet sendiri ada banyak ragamnya. Meski begitu, yang paling terkenal diperiklanan internet adalah Google Ads. Tapi, tahu tidak, ada juga, lho, yang namanya Adsense Youtube.

Adsense Youtube sendiri merupakan iklan yang ditampilkan di media Youtube. Biasanya, iklannya berbentuk video dengan durasi yang beragam. Namun, ada dua tipe iklan di Youtube, lho. Pertama, iklan yang bisa di-skip setelah lewat detik tertentu. Kedua, iklan yang harus tidak bisa di-skip.

Tentu saja kedua tipe iklan tersebut memiliki durasi yang berbeda-beda. Tipe pertama biasanya berdurasi di atas 8 menit dengan setelah 5 menit pertama bisa di-skip. Sedangkan untuk tipe kedua durasinya lebih pendek dari tipe pertama. Nah, bagi yang punya konten di Youtube, bisa, nih, memanfaatkan Adsense Youtube untuk menambah penghasilan.

Namun, untuk memakai Adsense Youtube ini tidak semudah itu, lho. Kamu perlu mendaftar dan lolos kualifikasi dulu, ya, untuk bisa mengaktifkan iklan ini. Untuk lolos kualifikasi, tentunya ada persyaratan yang harus dipenuhi. Nah, bagi para content creator pemula di Youtube dan ingin mengaktifkan iklan perlu tahu syaratnya dulu.

Ingin Memakai Adsense Youtube? Begini, Nih, Syarat dan Cara Daftarnya

Syarat daftar Adsense Youtube

Daftar Adsense Youtube harus verifikasi akun

Apakah ketika meng-upload video di Youtube, durasinya terbatas tidak sampai 15 menit? Mungkin akun Youtube-mu belum terverifikasi. Sebab, akun yang sudah terverifikasi bisa memakai beberapa fitur. Salah satunya tentu bisa upload video dengan durasi lebih dari 15 menit dan bisa live streaming di Youtube. Nah, bagi kamu yang mau daftar Adsense Youtube, pastikan akunnya sudah terverifikasi, ya.

Untuk verifikasi akun Youtube sendiri memakai nomor handphone, ya. Ini bertujuan untuk mengirim kode verifikasi, jadi pastikan nomornya aktif, lho. Bukan hanya itu, ada tiga tahapan verifikasi. Nah, kamu harus melewati ketiga tahapan tersebut jika ingin akunnya terverifikasi sepenuhnya, ya.

Daftar Adsense Youtube harus memenuhi minimal subscribers

Syarat kedua untuk pengaktifkan Adsense Youtube adalah memiliki jumlah subscriber tertentu. Nah, dalam hal ini, kamu harus memiliki minimal 1.000 subscriber. Kalau sudah memiliki lebih dari jumlah tersebut malah bagus.

Daftar Adsense Youtube harus memenuhi minimal waktu tonton

Selain subscriber, akunmu juga harus sudah memenuhi jumlah waktu tonton. Jangan khawatir karena jumlah ini dihitung dari seluruh video yang sudah ditonton, ya. Jadi, minimal total waktu tonton video di akun Youtube-mu adalah 4.000 jam, lho.

Jangan spamming komentar ketika daftar Adsense Youtube

Bukan hanya hal di atas yang akan di nilai, lho, komentarmu juga akan dinilai. Maka dari itu, jika ingin mendaftar Adsense Youtube, lebih baik hindari berkomentar yang bersifat spam. Sebab, ini bisa mempengaruhi rate akunmu bahkan hingga ke penilaian pihak Adsense.

Hindari Reupload ketika daftar Adsense Youtube

Selain spamming komentar, kamu juga harus menghindari reupload di video Youtube-mu. Oleh karena itu, ada baiknya kalau kamu membuat meng-upload video dengan kontenmu sendiri. Hindari yang namanya mengambil atau menggunakan video dari akun lain.

Setelah semua syarat sudah terpenuhi maka sebaiknya langsung daftar Adsense Youtube. Tapi, itu jika kamu ingin mengaktifkan fitur iklan di Youtube, ya. Nah, yang perlu diingat lagi, kamu bisa mendaftar meski syarat kedua dan ketiga belum terpenuhi. Hanya saja kamu bisa yakin bisa memenuhinya selama masa proses belum berakhir, ya.

Cara Daftar Adsense Youtube

Langkah pertama daftar Adsense Youtube

Untuk daftarnya sebenarnya sangatlah mudah, bahkan daftar dari ponsel pun memungkinkan, lho. Pertama, buka situs Youtube (www.youtube.com) di browser. Di sarankan, sih, browser-nya memakai Google Chrome untuk lebih memudahkan, ya. Selanjutnya, login menggunakan akun Youtube-mu.

Langkah daftar Adsense Youtube kedua

Setelah masuk ke akun Youtube-mu maka langkah kedua daftar Adsense Youtube adalah masuk ke menu Youtube Studio. Caranya dengan mengklik logo akun kita yang ada di kanan atas kemudian pilih Youtube Studio. Nah, jika kamu belum memiliki channel, ketika klik menu Youtube Studio akan diminta create channel. Ini tidak masalah, lakukan saja sesuai instruksinya, ya.

Langkah daftar Adsense Youtube ketiga

Jika sudah masuk ke menu Youtube Studio, langkah ketiganya adalah pilih menu Monetisasi. Saat mengklik menu Monetisasi, kamu akan diminta menentukan lokasi monetisasi. Ikuti saja instruksinya dan setelah itu, akan muncul apakah kamu memenuhi syarat atau tidak. Jika tidak memenuhi syarat, klik saja tombol untuk mengaktifkan notifikasi kalau sudah memenuhi syarat.

 Daftar Adsense : https://www.google.com/adsense/start/

Demikianlah syarat serta cara daftar Adsense Youtube. Sangat mudah, ‘kan, mendaftarnya? Kalau kamu merupakan youtuber, sebaiknya aktifkan monetasi ini, ya. Namun, pastikan kamu sudah memiliki akun Gmail dan channel Youtube sendiri, ya.

Baca Juga : Trik Jitu Memaksimalkan Manfaat Google Adsense

About admin