Ini Penyebab Pengajuan Google AdSense Ditolak

Ini Penyebab Pengajuan Google AdSense Ditolak

Bagi pemilik blog atau akun YouTube, mendapatkan penghasilan melalui Google AdSense menjadi satu kebanggaan tersendiri.

Sayangnya, tidak semua orang berhasil mendapatkan akun dari AdSense. Ada hal-hal yang bisa membuat pengajuan akun tersebut ditolak oleh pihak AdSense.

Ini Penyebab Pengajuan Google AdSense Ditolak

Tidak Penuhi Standar, Faktor Google AdSense yang Ditolak

Saat pengajuannya ditolak, tentu hal ini menimbulkan kekecewaan yang cukup mendalam. Apalagi jika merasa semua dokumen dan persyaratan sudah terpenuhi semua.

Agar tidak penasaran, berikut ini beberapa faktor yang bisa membuat pengajuan akun AdSense Anda ditolak.

Usia Di Bawah 18 Tahun

Memang, akun Google bisa dibuat oleh kalangan yang berumur 13 tahun ke atas. Namun, untuk bisa terdaftar di AdSense, Anda harus berusia minimal 18 tahun. Ini merupakan faktor pertama yang bisa membuat Anda gagal mendapatkan akun AdSense.

Batasan Umur Website di Google AdSense

Faktor kedua yang bisa membuat pengajuan akun AdSense ditolak adalah usia website yang kurang dari 6 bulan.

Walaupun peraturan yang satu ini tidak tertulis, namun beberapa negara di dunia justru memperketat aturan mengenai batasan umur website ini. Seperti di Pakistan, India, dan bahkan Indonesia memberlakukan aturan yang satu ini.

Pasalnya, banyak sekali akun AdSense dan juga website yang diperjualbelikan, termasuk di dalamnya site flipping. Itu sebabnya, pemilik website baru harus bersabar jika ingin mendaftar AdSense.

Website Down

Faktor ketiga adalah yang bisa membuat pengajuan akun AdSense ditolak adalah kondisi website yang kerap down lama.

Selain itu, website yang memblokir negara tertentu yang kebetulan negara tersebut digunakan oleh pihak Google untuk verifikasi juga bisa membuat pengajuan akun tidak akan diterima.

AdSense Code

Faktor keempat ditolaknya pengajuan akun adalah tidak memperhatikan AdSense code, walaupun cara pemasangan kode publisher ini cukup mudah. Sedangkan mekanisme pada Google AdSense sudah mewajibkan kode telah terpasang sebelum bisa diverifikasi.

Konten Bermasalah

Mengacu pada istilah “content is the king”, maka salah satu pertimbangan yang bisa membuat proses pengajuan akun ditolak adalah berdasarkan konten dan isi website.

Konten yang tidak original, hasil duplikat, konten terjemahan, atau gambar copyright yang digunakan tanpa izin bisa membuat pengajuan akun ditolak. Begitu pula dengan konten hoax, kekerasan, pornografi, judi, bajakan, dan lain -lain.

Untuk beberapa jenis website bahkan harus melewati proses persetujuan yang lebih rumit karena bisa memunculkan iklan yang bias atau rancu. Contohnya adalah website toko online dan website dengan niche agama.

Desain Website

Faktor berikutnya yang bisa membuat pengajuan akun Google AdSense ditolak adalah dari desain website yang terlihat kurang rapi, begitu pula dengan tampilannya. Seperti, menu navigasi yang tidak teratur dan terlalu banyak pop up yang mengganggu.

Duplicate AdSense Account

Faktor berikutnya yang bisa membuat akun AdSense Anda ditolak adalah adanya kebijakan yang hanya bisa memiliki satu akun saja. Jadi, Anda harus menutup akun yang lama jika ingin mengajukan akun AdSense yang lain.

Disamping itu, permasalahan juga terjadi pada beberapa akun yang kebetulan menggunakan komputer atau alamat IP yang sama. Kondisi ini bisa dianggap akun-akun tersebut saling berhubungan.

Traffic/Visitor

Faktor penentu berikutnya yang bisa membuat gagalnya memiliki akun Google AdSense adalah dari faktor visitor atau pengunjung. Pada dasarnya, persetujuan AdSense ini tidak berkorelasi dengan traffic

Ini artinya, jumlah pengunjung yang minimum atau nol pun dinilai masih lebih baik jika dibandingkan dengan fake traffic. Sebab, Google tidak mau iklan terimpresi atau mendapatkan klik oleh trafik berkualitas rendah yang sebenarnya tidak tertarik pada iklan tersebut.

Halaman Tambahan

Faktor berikutnya yang akan membuat proses pengajuan akun AdSense ditolak adalah dari halaman tambahan yang kurang berbobot atau tidak ada, diantaranya adalah:

  • Halaman tentang saya atau “about us” yang seharusnya isinya kurang lengkap. Misalnya, tidak ditulis siapa dibalik website, tujuan dibuatnya website, dan lain-lain.
  • Halaman “contact us” yang kurang lengkap sehingga pengguna kesulitan untuk menghubungi website.
  • Tidak memiliki halaman “privacy policy”
  • Tidak ada penambahan “term and condition”.

Apabila beberapa diantara halaman tambahan tersebut tidak ada pada website, maka ada kemungkinan pihak AdSense akan menganggap website Anda kurang kompeten dan kurang bertanggung jawab sehingga pengajuannya pun ditolak.

Website Flagged

Faktor terakhir yang bisa membuat pengajuan akun Google AdSense menjadi terhambat adalah kurang teliti saat membeli domain atau website. Sebab, ada kemungkinan domain tersebut sudah pernah digunakan oleh pihak lain atau bahkan pernah di banned.

Untuk itu, Anda harus mengerti bagaimana status dari domain tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya. Cara mengecek sejarah isi website bisa melalui  archive.org atau search.google.com dan klik “security & manual actions” (khusus jika website tersebut sudah Anda daftarkan). Itulah berbagai faktor yang bisa membuat proses pengajuan akun Google AdSense Anda ditolak. Untuk itu, perhatikan hindari semua faktor-faktor tersebut dan percantik tampilan website, maka peluang untuk disetujui oleh pihak AdSense akan semakin besar.

Daftar Adsense : https://www.google.com/adsense/start/

Baca Juga : Begini Cara Mudah Daftar Google AdSense

About admin