Inilah Beberapa Kekurangan Menggunakan Google Adsense yang Perlu Kamu Ketahui

Inilah Beberapa Kekurangan Menggunakan Google Adsense yang Perlu Kamu Ketahui

Google adsense kerap menjadi pilihan untuk melakukan monetisasi blog. Pundi-pundi rupiah bisa didapatkan dari google adsense. Hanya saja, di era digital seperti saat ini, sudah ada banyak opsi monetisasi blog yang bisa ditemukan. Dari sinilah, kekurangan menggunakan google adsense bisa ditemukan dengan baik.

Sebenarnya, baik kelemahan atau kekurangan dari suatu hal bisa ditemukan dengan mudah. Hal ini wajar-wajar saja, sebab semua hal yang berhubungan dengan internet atau teknologi memiliki kapasitas tertentu untuk menampung semua kelebihannya.

Berbicara tentang kekurangan menggunakan google adsense ini akan dibahas secara singkat berikut ini.

Inilah Beberapa Kekurangan Menggunakan Google Adsense yang Perlu Kamu Ketahui

Beberapa Kekurangan Menggunakan Google Adsense

Membutuhkan Waktu yang Cukup Lama Untuk Bisa Menghasilkan

Kamu harus tau, bahwa setelah melakukan pendaftaran google adsense tidak serta merta akan langsung mendapatkan penghasilan. Tentu saja diperlukan waktu yang tidak sebentar. Biasanya, tiga bulan menjadi waktu rata-rata uang dibutuhkan untuk busa sampai menghasilkan uang.

Sebenarnya, waktu tiga bulan bisa dikatakan sebagai waktu yang cukup singkat, apalagi jika kamu aktif mengisi blog. Sayangnya, jika topik atau konten yang dibuat kurang menarik perhatian banyak pengunjung, maka waktu untuk menunggu saldo terkumpul sampai 100 USD cukuplah lama. Sehingga, hal ini menjadi kekurangan menggunakan google adsense yang paling dasar.

Proses Pendaftaran Tidak Mudah

Kekurangan lain yang bisa kamu temukan adalah proses pendaftarannya tidaklah mudah. Sejak awal kehadirannya, google adsense dikenal sangat ketat dalam hal peraturan terkait dengan proses pendaftaran dan verifikasi. Selain itu, beberapa waktu terakhir google adsense semakin memperketat seleksi blogger. Di mana, blogger busa memasang iklan dengan menambahkan sistem review add site dan juga pembatasan iklan.

Rawan Terkena Banned

Kekurangan menggunakan google adsense yang selanjutnya adalah rawan terkena banned. Sudah banyak sekali kasus bahwa beberapa blogger harus kehilangan blog mereka. Google adsense terkenal rawan banned karena pelanggaran invalid traffic ataupun TOS. Jika mendapatkan kasus seperti ini, kamu bisa melakukan banding untuk menangguhkan akun dan saldo yang berjalan.

Banding ini tentu bisa dilakukan jika keputusan sepihak tersebut dinilai sebagai sebuah kesalahan. Hanya saja, peluang untuk bisa memulihkan blog terbilang cukup kecil dan tentu saja hal ini bisa terjadi kembali di masa yang akan datang.

Adanya Iklan Membuat Pembaca Tidak Betah

Menulis sebuah artikel merupakan kesenangan tersendiri untuk sebagian orang. Di mana, mereka bisa berbagai wawasan, ilmu, atau pun cerita kepada banyak orang. Hanya saja, ketika kamu menggunakan google adsense, maka akan muncul iklan. Kekurangan menggunakan google adsense selanjutnya terletak di sini.

Taukah kamu bahwa kebanyakan orang akan merasa risi jika sedang membaca sebuah artikel lalu muncul iklan. Masih bisa dimaklumi jika iklannya sejalur dengan tema atau topik blog. Hanya saja akan sangat mengganggu jika memang iklannya tidak sesuai. Kehadiran iklan justru membuat para pengunjung malas membuka blog tersebut. Biasanya mereka terpaksa membuka karena memang informasi yang dibutuhkan hanya terdapat di blog tersebut.

Kehadiran Script Iklan Memperlambat Blog

Kekurangan menggunakan google adsense yang selanjutnya adalah script iklan ternyata bisa memperlambat blog. Hal ini dikarenakan ketika kamu sudah memiliki akun google adsense, maka harus memasukkan kode khusus dalam struktur blog. Hal ini dilakukan agar iklan bisa tampil dengan optimal. Nah, menariknya script kode ini biasa dipasang sampai 3-4 kali di dalam satu halaman. Sebenarnya hal ini juga tergantung pada banyaknya banner iklan yang ingin ditampilkan.

Nah, karena sering memasang script kode iklan, membuat beban load server semakin berat. Hal ini akan mengakibatkan blog dengan iklan akan lebih lemot untuk diakses dibandingkan dengan situs tanpa iklan.

Semakin Banyaknya Pengguna Dari Adblocker

Kekurangan menggunakan google adsense yang selanjutnya adalah semakin banyaknya pengguna yang berasal dari adblocker. Menurut kesimpulan yang diperoleh dari sebuah study menegaskan bahwa memang perangkat mobile lebih mendominasi dibandingkan dengan user PC. Hal ini tentu kurang bagus bagi para blogger karena memiliki potensi menayangkan iklan menjadi semakin kecil. Tentu saja hal ini kurang bagus dan akan sangat mempengaruhi pemasukan dari iklan tersebut.

Bayaran Blog Indonesia Terlalu Kecil

Kekurangan terakhir yang bisa ditemukan adalah bayaran atau penghasilan dari google Indonesia terlalu kecil. Nilai rata-rata per klik di Indonesia sebesar Rp. 399 – 700 saja. Meski memang dalam beberapa kasus bisa mendapatkan jumlsh klik yang banyak, namun hal tersebut tidka akan bertahan lama. Kamu harus memastikan bahwa artikel yang sedang dibuat sedang ramai diperbincangkan dan membuat penasaran. Dengan banyaknya pengunjung yang datang, maka semakin banyak juga bayaran yang terkumpul.

 Daftar Adsense : https://www.google.com/adsense/start/

Itulah beberapa kekurangan menggunakan google adsense yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga : Cara Paling Mudah Panduan Google Adsense untuk Pemula

About admin