Jenis Adsense yang Terdapat di Google Adsense

Jenis Adsense yang Terdapat di Google Adsense

Kalau kamu biasa berkecimbung di media internet, pasti tidak asik dengan istilah satu ini, ‘kan? Adsense sendiri merupakan iklan yang ditampilkan melalui media internet. Maka dari itu, tidak heran kalau situs web atau blog hampir semuanya ada kolom yang menampilkan iklan. Tapi, tahu tidak, kalau jenis adsense ada bermacam-macam iklannya.

Adsense sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Google pada 2003 lalu. Maka dari itu, adsense yang sering kita lihat di media internet itu semua keluaran Google. Adsense tersebut dikenal dengan nama Google Ads. Nah, semakin ke sini ternyata Google Adsense ini banyak jenisnya, lho.

Jenis Adsense yang Terdapat di Google Adsense

Macam-macam jenis adsense

Jenis adsense iklan penelusuran

Jenis adsense yang terdapat di Google Adsense yang pertama adalah iklan penelusuran. Iklan ini juga sering disebut dengan iklan teks. Sebab, dalam penyajiannya, iklan yang satu ini berupa teks. Umumnya, teksnya berisi judul atau deskripsi suatu laman website. Namun, terkadang teksnya juga berupa link website tujuan.

Nah, kamu biasanya bisa menemukan iklan ini ketika sedang melakukan pencarian di mesin pencari. Terlebih lagi, ketika ditampilkan, iklannya relevan, ‘kan, dengan penelusuran kata kuncinya? Hal itu karena adanya fasilitas ekstensi iklan. Jadi, ketika kita mesin pencari sedang menelusuri kata kunci yang dimasukan, fasilitas ini juga ikut menelusuri iklan yang relevan. Inilah yang dikenal dengan Google Adsense.

Jenis adsense iklan gambar

Nah, kalau jenis adsense yang satu ini tentu saja berupa gambar. Tentu saja, iklan gambar ini juga dibuat bisa mengarah ke sebuah laman website. Sedangkan untuk konten yang ada di dalam gambar juga beragam, lho. Begitu pula dengan ukurannya, ada yang gambarnya berukuran kecil, medium, maupun besar. Nah, biasanya iklan ini ada di website yang merupakan partner dari Google Ads, yang disebut Google Display Network.

Jenis adsense iklan aplikasi

Jenis iklan aplikasi ini tampilannya hampir sama dengan iklan teks atau gambar. Sebab, konten iklan ini memang bisa berisi teks atau gambar, ya. Nah, iklan aplikasi tidak mengarah ke suatu website, ya, tapi ada tombol. Tombol inilah yang saat diklik akan mengarahkan ke aplikasi yang bersangkutan. Pastinya, akan secara otomatis membuka Playstore atau App Store, ya.

Sama halnya dengan iklan gambar, iklan aplikasi juga biasanya ada pada website yang menjadi partner Google Ads. Uniknya, jenis adsense yang satu ini akan terlihat jika mengakses website-nya melalui mobile browser. Itu juga akan muncul ketika pertama kali membuka website tersebut.

Jenis adsense iklan video

Bagi yang suka menonton Youtube, pasti pernah menemukan jenis iklan yang satu ini, ‘kan? Selain di Youtube, iklan ini juga ada di partner-partner Google Ads, lho. Namanya iklan video, tentu saja ditampilkan dalam bentuk video. Sedangkan untuk durasinya pun bervariasi antara 5-15 detik. Menariknya, yang berdurasi di atas 8 detik, aka nada tombol untuk men-skip iklan setelah 5 detik berjalan.

Jenis adsense iklan unit tautan

Kalau kamu perhatikan, di website terkadang ada tulisan yang berwarna biru, ‘kan? Nah, jika diklik maka akan langsung mengarah ke website tertentu. Terlebih lagi, jenis adsense ini yang paling sering digunakan. Hal itu karena jenis iklan ini sangat responsive dan dianggap efektif. Sebab, baik secara sengaja maupun tidak, persentase tertekannya lebih tinggi.

Jenis adsense iklan shopping

Iklan yang satu ini tentu saja berkaitan dengan produk yang biasanya dijual di toko online. Untuk iklan shopping ini merupakan perpaduan antara iklan teks dan gambar, lho. Ini karena di iklan shopping umumnya berisi nama dan harga, serta gambar produk tersebut. Selain itu, jenis iklan ini juga punya tombol sebagai link tautan ke laman produk di toko online.

Jenis adsense iklan audio

Seperti halnya audio, jenis adsense yang satu ini juga diproduksi dengan suara dari sinyal digital menjadi sinyal audio. Maka dari itu, iklan jenis ini dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi iklan yang variatif. Dengan begitu, diharapkan dapat menarik perhatian pengguna dan dapat meningkatkan periklanan Google Ads.

Jenis adsense iklan multimedia

Iklan multimedia adalah jenis iklan terakhir yang terdapat di Google Ads. Iklan ini juga dikenal dengan sebutan iklan HTML. Hal ini disebabkan karena ukuran kontennya bisa disesuaikan sendiri dan didukung iklan bergambar. Meski begitu, jika ingin memanfaatkannya perlu mengaktifkan iklan gambar untuk unit tersebut dulu, ya.

 Daftar Adsense : https://www.google.com/adsense/start/

Itulah jenis adsense yang terdapat di Google Ads. Nah, yang berkimbung di dunia internet atau memiliki blog atau website sendiri, bisa, nih, pakai Google Ads. Namun, kamu harus mengetahui dulu, ya, jenis iklan seperti apa yang cocok di website-mu. Meski begitu, jika ingin menggunakan Google Ads, harus lolos pendaftarannya dulu, ya.

Baca Juga : Syarat Pencairan Google Adsense Lengkap Dengan Cara dan Waktunya

About admin