Perkembangan Publisher Google Adsense Di Indonesia Beserta Istilah-Istilah Dalam Adsense

Perkembangan Publisher Google Adsense Di Indonesia Beserta Istilah-Istilah Dalam Adsense

Belakangan ini publisher Google Adsense semakin populer dan banyak diminati oleh milenial. Alasannya karena dengan menggunakan Google Adsense, Anda bisa mendapatan uang melalui konten-konten di situs web, blog, maupun video Youtube,

Uang ini dihasilkan dari jumlah klik yang dilakukan pengunjung ke situs Anda. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan sebagian dari pembayaran yang dilakukan klien kepada Google karena memasang iklan di situs Anda melalui Google Adsense tadi.

Perkembangan Publisher Google Adsense Di Indonesia

Perkembangan adsense di Indonesia awalnya belum sepopuler dan seterkenal sekarang. Namun, seiring dengan perkembangan serta banyaknya bermunculan perusahaan starup yang melakukan promosi melalui Google Adword membuat adsense semakin berkembang di Indonesia.

Google mencatat jumlah publisher dari seluruh dunia kini mencapai 2 juta, hal ini berarti di Indonesia sendiri publisher bisa mencapai ribuan dan akan terus bertambah, namun tidak signifikan.

Alasannya karena Google setiap tahunnya melakukan pembersihan adsense atau banned kepada publisher yang teridentifikasi melanggar kebijakan yang berlaku, termasuk para publisher Indonesia yang dikenal sering melakukan pelanggaran.

Akan tetapi masih banyak juga publisher Indonesia yang masih bertahan hingga hari ini bahkan memiliki pendapatan yang cukup tinggi dibandingkan para publisher adsense dari luar negeri.

Perkembangan Publisher Google Adsense Di Indonesia Beserta Istilah-Istilah Dalam Adsense

Istilah-Istilah Dalam Adsense Yang Harus Diketahui Oleh Publisher Google Adsense

  1. Publisher

Publisher atau pihak penayang iklan ialah orang atau pemilik website yang telah terdaftar pada adsense dan telah mendapatkan persetujuan dari pihak pengelola aplikasi periklanan untuk memasang iklan adsense di situs mereka.

Publisher yang menampilkan iklan google disebut publisher google adsense. Para publisher ini hanya diperbolehkan mempunyai sau akun Google Adsense, namun diperbolehkan untuk memasang iklan google di semua situs yang memenuhi persyaratan program google adsense.

  • Ad Units

Ad Units adalah iklan dari adsense itu sendiri. Ad Units ini terdiri dari berbagai jenis dan ukuran, akan tetapi yang paling umum berupa iklan dalam bentuk teks.

Ketika pengunjung mengklik unit iklan ini, maka pihak publisher atau yang memasang iklan akan mendapatkan pemasukan berdasarkan dari nilai klik yang terjadi.

  • Link Units

Link Units sebenarnya hampir sama dengan Ad Units, namun dengan format yang berbeda. Format Link Units mirip dengan format menu pada situs-situs web atau blog yang biasa Anda temukan.

Perbedaan di antara Link Units  dengan Ad Unit ialah ketika pengunjung melakukan klik pada iklan ini, maka pengunjung tersebut akan langsung diarahkan ke halaman hasil pencarian di mesin pencarian Google.

Kemudian publisher baru akan mendapatkan pemasukan jika pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut. Pada realitasnya penghasilan yang didapatkan dari Link Unit lebih banyak dibandingkan dengan penghasilan dari iklan Ad Unit biasa.

  • Adsense for Content

Iklan adsense yang dipasang pada sebuah halaman disebut dengan Adsense for Content. Iklan-iklan yang ditampilkan ini merupakan iklan-iklan yang ada kaitannya dengan konten halaman tersebut, atau dengan kata lain yang menggunakan konsep kontekstual.

Yang termasuk dalam Adsense for Content ini tidak lain ialah Ad Units dan Link Units tadi.

  • Alternate Ads

Di Adsense for Content, iklan-iklan tidak selamanya muncul, bisa karena stok iklan yang berhubungan dengan konten sudah habis atau Google tidak bisa mendeteksi jenis kontennya.

Jika ini terjadi maka iklan layanan masyarakat atau Public Service Ads akan muncul. Karena iklan ini bersifat donasi, maka publisher tidak akan mendapatkan apapun.

Sehingga Google mengizinkan untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ad Units yang diatur menggunakan Alternate Ads, maka Alternate Ads akan muncul jika Ad Units tidak ada.

  • Channels

Channels semacam label yang bisa diberikan pada Ad Units, Link Units, Referrals, dan Adsense for Search. Pada halaman laporan Google Adsense, hasil laporan dapat dikelompokkan berdasarkan Channels untuk memudahkan publisher.

  • Page Impressions

Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman Ad Units diungkap oleh pengunjung.

  • Clicks

Clicks ialah jumlah klik pada Ad Units milik publisher. Publisher bisa melihat jumlah klik berdasarkan Ad Units atau Channelnya melalui halaman laporan adsense.

  • Clickthrough Rate (CTR)

Clickthriugh Rate ialah perbandingan jumlah klik yang diperoleh suatu Ad Units dengan jumlah tayangannya dalam persen.

  1. Cost Per Click (CPC)

CPC merupakan banyaknya uang yang akan diperoleh oleh publisher saat Ad Units diklik. Nilai CPC ini ditentukan oleh beberapa faktor diantaranya kualitas serta performa situs.

  1. Effective CPM (eCPM)

Effective Cost Per Million ialah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan banyaknya impresi halaman per 1.000 yang diperoleh dari iklan-iklan.

 Daftar Adsense : https://www.google.com/adsense/start/

Itulah tadi perkembangan publisher Google Adsense di Indonesia serta istilah-istilah yang harus Anda ketahui, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Kiat-Kiat Dan Panduan Google Adsense Yang Wajib Anda Ketahui

 

About admin