Tips Atasi Pengajuan Akun Google AdSense yang Ditolak

Tips Atasi Pengajuan Akun Google AdSense yang Ditolak

Saat pengajuan akun Google Adsense Anda ditolak, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut terjadi. Salah satunya adalah website yang Anda miliki dianggap masih belum memenuhi standar untuk bisa menampilkan iklan dari pihak Google.

Kiat Jitu Atasi Google Adsense yang Tidak Disetujui

Keinginan untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari iklan Adsense harus disertai dengan tekad yang kuat saat mengajukan akun Adsense. Jadi, jangan menyerah ketika pengajuan tersebut ditolak.

Sebaliknya, Anda harus bangkit dan menggali informasi faktor penyebab kegagalan tersebut agar bisa mencari solusinya. Biasanya, pihak Google akan memberikan alasan terkait adanya pengajuan yang ditolak tersebut akan dikirim melalui email.

Jangka waktunya antara beberapa hari hingga 2 minggu setelah proses pengajuan. Anda akan bisa melihat alasan penolakan dari pihak Google Adsense melalui dashboard Adsense, walaupun penjelasannya kurang spesifik.

Apabila sudah dilakukan perbaikan, Anda bisa mengajukannya kembali. Secara umum, ada beberapa poin cara mengatasi kegagalan pengajuan akun Adsense, diantaranya adalah sebagai

berikut: 

Tips Atasi Pengajuan Akun Google AdSense yang Ditolak

Konten Website Google Adsense Original

Poin pertama yang harus diperhatikan adalah mengenai konten yang di-upload di website. Konten tersebut haruslah original dan bermutu. Selain itu, isi konten harus bisa menjawab pertanyaan sekaligus bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengunjung.

Hapus Konten Bermasalah

Poin kedua yang umum terjadi adalah adanya konten yang bermasalah. Misalnya saja konten yang bersifat ilegal, konten terjemahan (translate), hasil duplikat dan AGS (Auto Generated Content). .

Ada juga konten yang berisi tentang tindakan kekerasan, judi, berisi berita hoax, pornografi, dan sebagainya. Sebagai pemilik website, sebaiknya hapus semua konten yang bermasalah tersebut dan isilah website dengan konten yang sesuai dengan standar SEO. 

Seperti, membuat konten yang tidak terlalu pendek, konten yang bisa memberikan informasi berguna bagi pembaca, menambahkan gambar yang berkualitas dengan mencantumkan sumbernya, serta membuat konten dengan kualitas terbaik.

Website Aktif

Poin yang ketiga untuk mengatasi masalah penolakan dari pihak Google Adsense terkait pengajuan akun adalah dengan memastikan bahwa website dalam kondisi aktif, tidak down, dan dengan kode Adsense yang terpasang.

Apabila website mengalami down, sebaiknya gunakan web hosting dan VPS hosting yang mumpuni untuk mengatasi kendala tersebut.

Hindari Membeli Traffic

Poin yang keempat agar pengajuan akun Google Adsense tidak ditolak adalah dengan memastikan jumlah pengunjung yang datang adalah trafik asli dan bukan merupakan fake traffic.

Banyak pemilik website yang akhirnya terjebak dan membeli fake traffic demi memiliki website dengan trafik atau jumlah pengunjung yang tinggi. Sedangkan kenyataanya, traffic yang datang ke website sangat berpengaruh terhadap kualitas website.

Pasalnya, saat ini ada pihak-pihak tertentu yang menawarkan pembelian traffic, traffic bot/spam, dan platform traffic exchange. Selain itu, trafik dari sosial media juga dikabarkan masuk kategori sebagai kualitas rendah.

Bahkan, ada pula yang menggunakan cara “clickbait”, yaitu pengunjung yang hanya masuk sebentar dan langsung pergi karena pada dasarnya tidak tertarik dengan iklan tersebut.

Intinya, hindari atau buang semua hal tentang fake traffic karena pihak Google tidak mau apabila iklannya ter impresi atau di klik oleh pengunjung yang kualitasnya rendah.

Perbaiki Tampilan Website

Poin yang kelima untuk mengatasi pengajuan akun yang ditolak oleh pihak Google.adalah dengan memperbaiki tampilan dan desain pada website, seperti:

  • Setiap menu yang tersedia bisa di klik dengan baik. 
  • Tampilan website rapi, bersih, dan jelas mudah dilihat oleh pengunjung. 
  • Jangan sampai ada satupun link yang kosong.
  • Menu dan link about us, policy, contact us, dan term of conditions yang bisa diakses di halaman website.
  • Hilangkan atau tarik iklan lain selain milik Google, termasuk link atau banner affiliate agar website terlihat lebih bersih. Apabila proses pengajuan akun telah disetujui, semua tambahan iklan dari provider lain dan link affiliate tersebut bisa Anda kembalikan lagi.

Pasang Kode Publisher

Pada mekanisme pendaftaran akun Google Adsense mengharuskan memasang kode publisher sebelum diverifikasi. Namun, banyak pemohon akun yang kerap melupakannya sehingga proses pengajuan ditolak.

Untuk itu, sebelum mengajukan ulang, pastikan bahwa kode publisher dari Adsense telah terpasang dengan benar.

Submit Ulang

Apabila semua hal telah diperbaiki, jangan ragu untuk melakukan submit ulang. Apalagi tidak ada batasan yang pasti tentang berapa kali bisa melakukan submit ulang untuk proses pengajuan akun Adsense.

Minimal, lakukan setelah sebulan, walaupun ada juga yang bisa diterima hanya dalam waktu beberapa hari setelah ditolak dan mengajukan ulang. Namun, ada juga yang website-nya akhirnya di-hold pengajuannya karena dianggap terlalu cepat dan terlalu sering. Itulah beberapa kiat jitu yang bisa dilakukan untuk mengatasi pengajuan akun Google Adsense yang tidak disetujui. Intinya, jangan mudah putus asa dan ajukan ulang sambil memperbaiki isi dan tampilan website agar peluang diterimanya pengajuan akun tersebut semakin besar.

Daftar Adsense : https://www.google.com/adsense/start/

Baca Juga : Jenis Adsense yang Terdapat di Google Adsense

About admin